Rabu 29 Desember 2021 bersejarah bagi kami keluarga besar Jurusan Budidaya Pertanian Faperta UNIB karena salah seorang dosen yaitu bapak Dr. Ir. Abimanyu Dipo Nusantara, MP memasuki masa purnabakti setelah 35 tahun pengabdian beliau. Pak Abi demikian nama akrab beliau yang dilahirkan pada tanggal 25 Desember 1956 di Purworejo sebagai putra ke tiga dari bapak Sru Adji Surjadi dan ibu Sumarni. Pendidikan S1 tamat tahun 1981 dari Universitas Jember, S2 1995 dari Universitas Gadjah Mada, dan S3 2011 dari Institut Pertanian Bogor semuanya dalam bidang Ilmu Tanah.

Ketua Umum Asosiasi Mikoriza Indonesia (AMI) periode 2015-2019 ini aktif mengajar pada strata S1 Prodi Ilmu Tanah, HPT, Agroekoteknologi, Budidaya Hutan, dan Agribisnis untuk beberapa mata kuliah. Mengajar mata kuliah Rehabilitasi, Remediasi, dan Konservasi Tanah, serta Pertanian Tropis pada Program Doktor Ilmu Pertanian Universitas Bengkulu. Peraih hibah penelitian dari beberapa skim institusional ataupun Ditjen Dikti.

Anggota Tim Indonesia Cyber Education Institute, Kemenristekdikti (2018-2019) ini juga menjadi Detaser Direktorat Sumberdaya Kemendikbudristek sehingga berkesempatan untuk memberikan konsultasi pada beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa ataupun luar Jawa. Pak Abimanyu pada tahun 2015 berkesempatan menjadi Koordinator Pelatihan Bagi Penilai Pendirian PT dan Pembukaan Prodi Baru Kerjasama BAN-PT dan Ditlemkerma Ditjen Dikti.

Meskipun semua hal di atas kini telah menjadi kenangan, namun tentu sulit bagi kita untuk melupakan, Namun pada akhirnya, kita dihadapkan pada kenyataan bahwa setiap pertemuan akan berakhir dengan perpisahan.  Waktu telah mengingatkan perpisahan di antara kita tak bisa ditangguhkan, kita harus saling merelakan, kita tetap saling mendo’akan.

Sampai jumpa pada medan perjuangan baru.