Sejarah

Universitas Bengkulu berdiri pada tahun 1982 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 tahun 1982 tanggal 31 Maret 1982 tentang Pendirian Universitas Bengkulu dan diresmikan pada tanggal 24 April 1982. Pendirian Universitas Bengkulu merupakan hasil perjuangan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menyediakan lahan kampus seluas 24,9 ha, dan sebuah Perguruan Tinggi Swasta bernama Universitas Semarak Bengkulu (UNSEB) yang telah menyerahkan sebagian mahasiswa sebagai mahasiswa pertama Universitas Bengkulu. Pada saat berdiri, UNIB telah memiliki lima fakultas,yakni Fakultas Pertanian dengan Prodi Agronomi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan keahlian di bidang pertanian, serta semakin bertambahnya kuantitas dan kualifikasi sumberdaya dosen, Fakultas Pertanian membuka Prodi IlmuTanah berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 2055/D2/1995 Tanggal 22 Juli 1995. Penerimaan mahasiswa baru dan perkuliahan pertama dilaksanakan pada bulan September 1998. Struktur organisasi Prodi Ilmu Tanah mengacu pada struktur organisasi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Dalam pelaksanaannya, program studi dibantu oleh unsur-unsur pelaksana di tingkat jurusan seperti komisi-komisi, unit penjamin mutu, unit kegiatan ekstrakurikuler, dan unit pengembangan bisnis. Jumlah staf pengajar tetap di Prodi Ilmu Tanah berjumlah 18 orang, tenaga kependidikan 2 orang laboran, dan 1 orang tenaga honorer.

Visi Prodi Ilmu Tanah adalah “Menjadi Program Studi Ilmu Tanah yang Unggul Tingkat ASEAN di Bidang Restorasi Lahan Tahun 2025 dalam Menunjang Pengembangan Wilayah Berkelanjutan”. Visi tersebut dijabarkan ke dalam lima Misi yang menyangkut masalah tata kelola prodi, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan pemangku kepentingan. Implementasi Visi dan Misi tersebut akan dibagi menjadi tiga periode, yakni periode 2014-2017 untuk menjadi institusi yang unggul di tingkat Sumatera, periode 2018-2021 unggul di tingkat nasional, dan periode 2022-2025 unggul di tingkat internasional.

Program studi ilmu tanah dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi dengan masa jabatan 4 tahun. Dalam melakukan manajemen program studi, ketua Program Studi Ilmu Tanah bertanggung jawab langsung kepada ketua jurusan Budidaya Pertanian. Sesuai dengan Statuta Universitas Bengkulu, Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Tanah dipilih dalam periode waktu empat tahun sekali. Sesuai dengan Statuta Universitas Bengkulu, Ketua Program Studi Ilmu Tanah dipilih dalam periode waktu empat tahun sekali. Teknis pemilihan ketua program studi ditempuh dengan melalui musyawarah mufakat, namun apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka pemilihan dilakukan dengan cara melakukan voting suara terbanyak, yaitu satu pemilih memilih satu kandidat. Teknis yang sama juga dilakukan dalam pemilihan Ketua Laboratorium Ilmu Tanah.

Sistem penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Pertanian dilakukan oleh pihak universitas yang dilakukan melalui jalur Penelusuran Potensi Akademik (PPA)/PBM (Penelusuran Bakat dan Minat), Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan melalui Ujian Masuk Mandiri yang disebut dengan Sistem Penerimaan Masuk Universitas (SPMU). Mahasiswa mendapat pelayanan dalam bentuk pembimbingan akademik, serta pelayanan terhadap masalah pribadi dan sosial yang juga diberikan oleh Pembimbing Akademik. Ditingkat Universitas, bimbingan dan konseling dilaksanakan oleh dua orang dosen yang ditunjuk oleh Rektor Universitas Bengkulu.

Sumberdaya manusia yang terlibat dalam pelaksanaan dan mendukung PSIT terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan, yang meliputi teknisi/laboran, tenaga administrasi, dan pustakawan. Secara umum, dosen PSIT memiliki kinerja tridharma baik. Dalam satu tahun akademik, rata-rata dosen mempunyai EWMP yang memenuhi persyaratan minimal, yaitu 12 sks per semester. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, di samping mengajar mahasiswa di PSIT sebagian dosen juga mengajar di beberapaprogram studi (S1 dan S2) lain di selingkung Fakultas Pertanian, bahkan di fakultas lain di selingkung UNIB.Kinerja dosen dalam pendidikan dan pengajaran dievaluasi secara regular per semester oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Pertanian UNIB.

Kurikulum Program Studi Ilmu Tanah disusun untuk mencapai visi, misi, sasaran serta tujuan PS Ilmu Tanah yang telah ditetapkan melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis melibatkan berbagai kelompok pemangku kepentingan. Kompetensi utama ditujukan agar lulusan dapat berperan sebagai profesional yang memiliki budi pekerti luhur, mampu melaksanakan penelitian di bidang pertanian, menguasai dasar teori dan praktek pertanian bidang restorasi lahan, pengembangan wilayah, menguasai prinsip pengelolaan pertanian secara lestari dan mampu mengikuti perkembangan teori dan kebijakan pertanian serta mampu menerapkan kemampuan teori dan keterampilan praktek pertanian di perusahaan atau intitusi pertanian, perkebunan dan lingkungan, dan mampu menganalisis kebijakan pertanian dan merumuskan masalah pertanian dan lingkungan. Untuk mencapai kompetensi lulusan seperti yang ditetapkan, mahasiswa diharuskan menempuh sekurang-kurangnya 144 sks dalam menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Tanah yang terdiri dari 137 sks mata kuliah wajib dan 7 sks mata kuliah pilihan.

PSIT tidak menerima mahasiswa baru sejak adanya penggabungan Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, dan IHPT menjadi Prodi Agroekotek di tahun 2009 (Standar 3). Kebijakan tersebut menyebabkan mahasiswa PSIT tahun 2008 bergabung ke prodi baru tersebut. Mahasiswa di bawah angkatan 2008 masih menyelesaikan program S1-nya di PSIT, sehingga selain melayani mahasiswa PSIT, saat ini PSIT juga melayani mahasiswa Agroekoteknologi minat Ilmu Tanah. Guna menciptakan suasana akademik yang kondusif, maka berbagai prasarana yang diperlukan PSIT telah tersedia di lingkungan jurusan, fakultas, maupun Universitas. Pengelolaan dan pemanfaatan seluruh sarana dan prasarana tersebut menggunakan sistem pemanfaatan bersama (resource sharing) yang merupakan tanggung jawab PSIT, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, dan Universitas.

Pada tahun 2015, PSIT Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu diberikan izin untuk menerima mahasiswa baru atas dasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 610/E/0/2014.

Dosen tetap PSIT sangat produktif dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Kulitas penelitian dosen PSIT dapat dinilai sangat baik karena berhasil memperoleh hibah dari lembaga pemerintahan seperti Dikti, Kementan atau Kemenristekdikti. Dosen tetap PSIT berhasil memperoleh sumber pendanaan untuk 32 penelitian selama tiga tahun terakhir. Hal ini didukung keberadaan research group dengan road map penelitian yang baik. Hasil penelitian didiseminasikan melalui seminar naisonal atau internasional, jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terakreditasi atau pada jurnal ilmiah FP UNIB yakni Akta Agrosia (ISSN 1410-3354) dan Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Indonesia (ISSN 1411-0067). Dalam rangka melaksanakan dharma ketiga, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga memperoleh perhatian dari dosen PSIT. Kerjasama dan kemitraan penelitian dengan lembaga lain juga telah dilakukan oleh dosen PSIT. Sebagai contoh beberapa dosen PSIT terlibat dalam perencanaan pengelolaan lahan pasca tambang PTBA Tanjung Enim menjadi Taman Hutan Raya.

Visi 

Menjadi Program Studi Ilmu Tanah yang Unggul Tingkat ASEAN di Bidang Restorasi Lahan Tahun 2025 dalam Menunjang Pengembangan Wilayah Berkelanjutan

Misi

1. Mengembangkan pengelolaan Program Studi Ilmu Tanah yang sehat dan bersih
2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Penelitian yang mempunyai keunggulan di bidang restorasi lahan dalam menunjang pengembangan wilayah berkelanjutan
3. Memasyarakatkan IPTEK di bidang restorasi lahan dalam upaya pengembangan wilayah berkelanjutan
4. Memberdayakan masyarakat melalui program pengabdian pada masyarakat yang sesuai dengan potensi wilayah berkelanjutan
5. Mengembangkan kerjasama dengan para pihak dalam bidang pertanian berkelanjutan

Kunjungi : http://psit.fp.unib.ac.id