Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma di Perguruan Tinggi. Periode semester ganjil tahun ajaran 2021 – 2022 kegiatan pengabdian pada masyarakat ini kami laksanakan di Kelompok Tani Podomoro, Desa Harapan Makmur, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Waktu kegiatan mulai bulan September 2021 untuk penanaman cabai di polibag hingga Desember 2021.  Tim pengabdian adalah Dr. Ir. Marwanto, M.Sc. dan Ir. Merakati Handajaningsih, M.Sc. dan 3 orang mahasiswa yaitu Reti Noviani, Evita Nuribrahima, dan Harinda Mewah D.S.

Pemilihan topik budidaya cabai dengan menggunakan input pupuk dan pestisida sintetik dosis rendah ini dilatarbelakangi oleh praktek budidaya cabai yang pada umumnya menggunakan input pupuk dengan dosis rata2 urea 300kg, TSP 300kg dan KCl 200 kg per hektar.  Percobaan yang dilakukan di Unib dengan menggunakan pupuk NPK majemuk dosis 400 kg per hektar dan formula pupuk hayati menunjukkan hasil cabai yang baik.  Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman dilakukan sebanyak 2 kali. Pada periode yang sama, tanaman cabai yang ditanam oleh anggota kelompok tani Podomoro dengan teknik yang biasa dipraktekkan oleh petani banyak terserang penyakit dan terganggu pertumbuhannya, bahkan sebagian besar tanaman mati.  Oleh karena itu hasil percobaan ini kemudian disampaikan ke petani agar petani mengenal dan bisa mengaplikasikan teknik budidaya ini.  Demplot tanaman cabai dari tim Pengabdian Unib menunjukkan tanaman yang sehat dan pertumbuhan serta pembuahan yang baik.

Selain melakukan praktek budidaya  cabai menggunakan pupuk hayati sebagai pengganti pupuk dan pestisida sintetik, kegiatan pengabdian juga dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan.  Acara penyuluhan berlangsung tanggal 14 November 2021 di Pesantren Mambaul Ulum, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Utara. Ada dua acara penyuluhan oleh 2 tim pengabdian Jurusan Budidaya Fakultas Pertanian Unib yaitu penyuluhan tentang Budidaya Cabai Input Rendah dan penyuluhan Teknik Budidaya Alpukat. Selain kelompok tani Podomoro pertemuan ini juga dihadiri oleh pengurus yayasan Pondok Pesantren, guru dan santri Mambaul Ulum. Tim pengabdian dari Unib.  Banyak hal didiskusikan oleh peserta kegiatan menyangkut cabai dan alpukat.