Open House pertama kali dilaksanakan pada tahun ini untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru (MABA) Prodi Agroekoteknologi 2019. Penyambutan ini didasarkan atas suatu pikiran bahwa mahasiswa perlu mengenal secara sigap ruang lingkup kampus yaitu para dosen, kakak tingkat, teman-teman seangkatan, laboratorium dan lingkungan sekitar.

Open house dilaksanakan dua hari berturut-turut pada 17-18 Agustus 2019 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indoensia ke-74. Mahasiswa baru tak luput juga mengikuti upacara HUT RI di lapangan rektorat UNIB pada hari pertama.

Acara ini didukung oleh dosen-dosen di bawah ketua prodi, Dr. Hesti Pujiwati, SP., M.Si dan Hima Agroekoteknologi (Himagrotek) yang diketuai oleh Dodo Handoko Putra. Kegiatan ini diikuti oleh 104 mahasiswa yang berasal dari berbagai macam daerah.

Acara pembukaan berupa kata sambutan dibuka oleh ketua Prodi diikui rangkaian kegiatan pembuka berupa Tari Persembahan oleh Lisma Nurazizah, Nurul Hamidah dan Resmi Dia Putri, dilanjutkan dengan pencak silat yang sangat lincah oleh  Setiawanto dan Sempurno Hidayah. Setelah itu atraksi double stick besi dibawakan dengan apik oleh Tulus Jepirson.

Kegiatan hari pertama lebih kepada materi dari dosen dan mahasiswa. Materi Pengenalan dosen dan karyawan serta Sosialisasi Sistem Akademik oleh Dr. Hesti Pujiwati, SP., M.Si selaku ketua Prodi. Materi Sosialiasasi Kurikulum Agroekoteknologi oleh Dr. Ir. Mohammad Chozin, M.Sc. Training Motivasi untuk mahasiswa dibawakan oleh Ir. Edhi Turmudi, M.S. Agar mahasiswa baru mengetahui tentang peraturan akademik, kurikulum mata kuliah dan agar  semangat kuliah di prodi Agroekoteknologi.

Acara kemahasiswaan berupa pengenalan HIMA oleh pengurus HIMA dan ekstrakurikuler Himagrotek, materi organisasi, materi Formatani dan materi mahasiswa berprestasi.

Kegiatan hari kedua lebih kepada acara have fun diawali dengan senam kesegaran jasmani dilanjutkan dengan kegiatan berupa tanam bunga untuk mempercantik lingkungan sekitar Laboratorium. Acara ini bertepatan dengan HUR RI maka diadakan lomba tujuh belasan berupa makan kerupuk, pecah balon, tebak angka, battle yel-yel, dan susun kata. Para peserta sangat antusias mengikuti lomba. Perserta tertib mengikuti semua rangkaian acara hingga acara penutupan. Pemilihan perserta terbaik menjadi acara pamungkas pada acara penutupan. Peserta terbaik jatuh kepada Jelki Rapinde (laki-laki) dan  Sri Rini Nasution (perempuan).

“Kami bangga atas pencapaian kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar. Hal ini berkat kerja keras dari team yang kompak,” ungkap Gally Ramadhan selaku ketua panitia pelaksana.

Harapannya kegiatan ini menjadi acara rutin tahunan Prodi.