Praktek Lapang/Magang (kode mata kuliah AGT-401 dan 4 SKS) merupakan kegiatan intrakurikuler wajib bagi mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian.Praktek Lapang/Magang dilaksanakan di Perusahaan/Instansi/Lembaga yang relevan dengan bidang teknologi budidaya pertanian dalam arti luas dan dinilai layak oleh Program Studi selama 40 hari kerja.    Kegiatan Praktek Lapang/Magang merupakan kegiatan untuk meningkatan pemahaman, wawasan, keterampilan melakukan pekerjaan, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan managerial bagi mahasiswa.  Dengan demikian, sebagai calon Sarjana Program Studi Agroekoteknologi  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, mahasiswa merealisasikan kompetensi seperti yang diharapkan, setelah menyelesaikan pendidikannya nanti.

Melalui kegiatan magang diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif, baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi maupun instansi tempat magang. Bagi mahasiswa,mahasiswa dapat memanfaatkan magang 1) sebagai wadah untuk menerapkan ilmu dan teknologi  secara langsung, yang selama ini hanya diperoleh melalui teori selama perkuliahan, 2) untuk meningkatkan keterampilan serta keahlian secara teknis di lapangan 3) untuk menimba ilmu pengelolaan usaha yang sesungguhnya pada perusahaan dan/atau industri yang bergerak di bidang teknologi budidaya pertanian dalam arti luas,dan 4) untuk mempelajari sosiologi tenaga kerja yang berkerja pada perusahaan tersebut. Bagi perguruan tinggi atau Universitas, Fakultas Pertanian pada khususnya, kegiatan magang memberikan manfaat 1) terjalinnya kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dengan Perusahaan, 2) meningkatnya kualitas lulusan melalui pengalaman kerja selama kegiatan magang,dan  3) dikenalnyaProdi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian,Universitas Bengkulu di perusahaan dan/atau industri.  Sedangkan bagi perusahaan kegiatan magang juga memberikan manfaat antara lain: 1) terjalinnya kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia usaha (perusahaan/industri), sehingga perusahaan tersebut akan dikenal oleh kalangan akademisi dan peneliti, 2) adanya masukan-masukan yang membangun dari mahasiswa peserta magang dan/atau dosen pembimbing magang (DPM) dari Perguruan Tinggi untuk perbaikan perusahaan dimasa yang akan datang, 3) adanya peluang perusahaan untuk memanfaatkan tenaga mahasiswa peserta magang sebagai tenagakerja paruh waktu dan 4) adanya laporan-laporan magang yang diberikan kepada perusahaan sebagai bukti kepedulian dan partisipasi perusahaan dalam dunia pendidikan bagi generasi muda bangsa.

Dr. Ir. Prasetyo selaku Koordinator Magang ini lebih lanjut menyatakan agar mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi yang mengikuti program ini dapat melaksanakan kegiatan magang dengan sebaik-baiknya.

Tim Pelaksana telah menyusun Buku Panduan Paktek Lapang/Magang ini ditujukan untuk memberikan arah dan pedoman bagi mahasiswa, dosen pembimbing, dan pengelola jurusan dalam mengelola dan melaksanakan magang sehingga magang dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan magang. Magang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Juni s.d 9 Agustus 2019. Mahasiswa yang melaksanakan praktek lapang/magang dianggap sudah memahami isi panduan ini dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri atas pelanggaran dalam pelaksanaan magang. 

 

Buku panduan dapat diunduh disini