Pada tanggal (22/10/2018), telah dilakukan penetapan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2019 melalui jumpa pers yang dipimpin oleh Menristekdikti Mohamad Nasir.

Berikut ini beberapa poin penting terkait perubahan lembaga penyelenggara Seleksi Masuk PTN Tahun 2019.

Kemenristekdikti telah menetapkan kebijakan terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta menyesuaikan perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini.

Untuk itu, seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 akan dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT dari sebelumnya Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri atau Panpus SNPMB PTN.

LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru.

LTMPT berfungsi: (1) mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) oleh Rektor PTN, (2) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Menteri Nasir mengatakan, “Tahun 2019 mendatang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan oleh institusi bernama LTMPT, dan sistem pelaksanannya pun berbeda. Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dahulu kemudian tes, maka ketentuan di tahun 2019 adalah tes dahulu kemudian mendapatkan nilai. Nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” ujar Nasir.

Baca berita selengkapnya: https://ristekdikti.go.id/kabar/skema-baru-seleksi-masuk-ptn-2019/