Kegiatan Seminar Nasional Pertanian Pesisir (SENATASI) ini diselengggarakan oleh Jurusan Budidaya Pertanian Faperta UNIB, bekerjasama dengan 10 Komisariat Daerah organisasi-organisasi profesi yang berada di Provinsi Bengkulu, yaitu : (1) Himpunan Ilmu Tanah Indonesia-HITI, (2) Perhimpunan Agronomi Indonesia-PERAGI, (3) Perhimpunan Agroekoteknologi Indonesia-PAGI, (4) Perhimpunan Hortikultura Indonesia-PERHORTI, (5) Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Tanaman Indonesia (PERIPI), (6) Himpunan Ilmu Gulma Indonesia-HIGI, (7) Perhimpunan Ilmu Meteorologi Pertanian Indonesia-PERHIMPI, (8) Perhimpunan Fitopatologi Indonesia-PFI, (9) Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI), dan (10) Masyarakat Pertanian Organik Indonesia-MAPORINA.

Pada tahun 2022 ini, Seminar nasional mengambil tema Penguatan Pertanian Pesisir untuk Ketahanan Pangan Indonesia.   Seminar ini adalah forum ilmiah bagi berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan pertanian untuk ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Sehingga kita berharap seminar ini menjadi ajang/wahana untuk berbagi informasi tentang hasil-hasil penelitian dan rekomendasi kebijakan tentang pertanian yang terkait dengan wilayah pesisir.

Alhamdulillah, seminar nasional kali ini diikuti oleh sebanyak 261 penulis yang menyusun sebanyak 133 judul makalah yang akan dipresentasikan.  Kalau kita kelompokkan dari daerah asal, para penulis ini menyebar dari 13 provinsi, yang meliputi: (1) Sumatra: Medan (Sumatra Utara), Padang dan Solok (Sumatra Barat, Palembang (Sumatra Selatan), terutama Bengkulu, (2) Jawa: Jakarta, Bandung dan Cibinong (Jawa Barat), Yogyakarta, Surakarta, Purwokerto dan Magelang (Jawa Tengah), Surabaya dan Madura (Jawa Timur), (3) Sulawesi: Makassar (Sulawesi Selatan), Palu (Sulawesi Tengah), Kendari (Sulawesi Tenggara), (4) Malaysia, dan(6) Jepang

Berdasarkan isntansi, peserta berasal dari 34 instansi, mayoritas dari univesitas (25 universitas), 4 Instansi di Departemen Pertanian (BPTP dan BPP), 2 Lembaga riset Badan Riset dan Inovasi Nasional), dan 2 Perusahaan swasta.

Sebagaimana tercantum dalam Buku Abstrak, Acara seminar Senatasi hari ini dibagi dalam 4 even utama, yaitu pembukaan, penyajian materi utama, sesi parallel, dan penutup.

Penyajian materi utama berupa 4 makalah akan dibagi menjadi 2 sesi, masing-masing menampilkan 2 penyaji. Dalam sesi parallel penyajian 133 makalah akan dibagi dalam 9 virtual room.  Pada acara penutupan, akan diumumkan para presenter terbaik untuk masing-masing room. Presenter terbaik hanya akan diberikan kepada peserta yang mengumpulkan video presentasi tepat waktu dan akan ditujukan untuk mendukung pengembangan para ilmuwan/scientis muda.

Para nara sumber yang telah berkenan berbagi ilmu dan informasinya : (1) Dr. Ir. R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, MEM.  (Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), (2) Prof. Dr. Rizaldi Boer, SE. MSc. (Pakar Manajemen Resiko, Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim, Institut Pertanian Bogor), (3) Dr. Yudi Sastro, S.P., M.P. (Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Kementrian Pertanian), dan (4) Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc. (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu/KOMDA Perhimpi Bengkulu. Juga kepada para penulis/peneliti (261 orang) yang ikhlas mempresentasikan hasil penelitiannya dalam Senatasi 2022 kali ini.

Moderator yang telah sudi memandu acara baik untuk sesi utama, yaitu Prof. Dr. Atra Romeida dan Bapak Fahrurrozi, Ph.D.; maupun Bapak Ibu yang bersedia menjadi moderator dalam 9 sesi paralel

Kepada seluruh peserta seminar, kami ucapkan selamat berseminar.  Semoga partisipasi Bapak/Ibu/Saudar dalam seminar kita kali ini memberikan kontrobusi dalam pengembangan pertanian pesisir dan menjadi amal ibadah kita kepada Allah SWT Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Terakhir, kami mohon Ibu Dr. Retno Eka Putri, (Rektor Universoitas Bengkulu) nanti berkenan untuk membuka secara resmi acara Seminar Nasional Pertanian Pesisir 2022 dengan topic Pengembangkan Pertanian Pesisir untuk Menunjang Ketahan Pangan Indonesia ini.

Demikian sambutan Ketua Panitia SENATASI 2022 Dr.Ir. Supanjani M.Sc. Selamat berseminar, Semohga bermanfaat.